Bagaimana Menulis Artikel yang Baik?

Artikel yang menarik untuk dibaca pada umumnya mengikuti tren yang sedang berlangsung. Kesuksesan sebuah artikel bisa saja dinilai dari banyaknya pembaca, komentar atau ada pembaca yang merasa tercerahkan. Namun menurut saya tidak selalu begitu, karena minat  seseorang berbeda-beda. Penting bagi penulis untuk membuat artikel yang baik agar sesuai dengan standar media yang dituju. Lalu bagaimana menulis artikel yang baik dan bermanfaat?

1. Pilih topik yang menarik

Topik yang menarik akan mengundang minat baca. Usahakan agar artikel yang Anda tulis memuaskan dahaga pembaca. Terlebih lagi bila Anda memang memiliki pengetahuan lebih pada topik tersebut.

2. Berikan judul yang provokatif

Apa sih yang dilihat pertama kali oleh pembaca? Judul. Pembaca cenderung melewatkan artikel dengan judul yang kurang menarik. Pepatah “Dont Judge a Book By It’s Cover” tidak berlaku disini. Jadi bagaimana? Tulislah judul semenarik mungkin. Boleh saja judul artikel di-lebay-kan. Asal jangan terlalu lebay. Percuma bila Anda menulis artikel yang bagus namun judulnya tidak “eye catching”. Percuma juga bila judul bombastis namun isinya asal-asalan.

3. Orisinil

Pastikan tulisan yang Anda kerjakan adalah hasil karya Anda sendiri. Tentu saja mencari referensi lain diperbolehkan. Namun rangkum dan tulislah sesuai dengan pemahaman dan gaya bahasa Anda.

4. Fokus

Setelah topik dan judul yang menarik, poin selanjutnya adalah fokus. Singkirkan kalimat-kalimat yang tidak relevan. Berikan data, fakta , contoh dan detil lain untuk mempertahankan minat baca. Susun dalam kalimat-kalimat yang sistematis.

5. Cek ejaan, struktur dan gaya bahasa

Artikel yang ditulis dengan baik menunjukkan kredibilitas penulis. Tinjau kembali tata bahasa, ejaan dan struktur tulisan Anda. Gaya bahasa dapat disesuaikan sesuai dengan target pembaca.

6. Jaga kualitas tulisan dari awal hingga akhir

Sudahkan tulisan Anda berada pada jalurnya? Pertahankan isi yang informatif dan cara penulisan yang baik. Hal ini akan mempertahankan pembaca hingga akhir artikel. Jika kemudian pembaca merasa puas, mereka akan kembali menantikan tulisan-tulisan Anda.

7. Sisipkan gambar

Jika memungkinkan, sisipkan gambar yang relevan. Gambar bisa diperoleh dari koleksi pribadi atau foto-foto free royalty di internet, misal di www.sxc.hu.  Saya mencermati bahwa ketika membaca, mata cenderung berhenti pada gambar yang menarik kemudian membaca tulisan di sekelilingnya. Jadi gambar dapat berfungsi sebagai stimulan.

Kira-kira seperti itulah cara menulis artikel yang baik. Tips di atas saya rangkum dari tips-tips yang saya baca sebelumnya. Oh ya, tentu saja hal penting lainnya adalah banyak berlatih. Seperti yang akan saya lakukan sekarang ini. Selamat mencoba😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s