Menjadi Penulis yang LEBIH Berkualitas

Writer Cartoon Red ColorBagaimana sih agar tulisan kita semakin bermutu? Pertanyaan itu kerap terlintas di benak saya. Ketika saya bertanya kepada penulis yang lebih senior, rata-rata mereka memberikan saran yang sama. Inti dari semuanya adalah berlatih dan berlatih. Berlatih memerlukan waktu. Namun ada beberapa cara agar proses tersebut bisa berlangsung lebih cepat.

  • Bacalah buku sebanyak-banyaknya

Terlihat klise memang. Namun para penulis membenarkan tips tersebut karena terbukti ampuh. Anda akan menjadi seorang penulis berkualitas setelah melewati fase sebagai pembaca berkualitas. Bacalah buku apapun. Mulailah dari buku yang Anda suka, lalu berlanjut ke buku-buku yang tidak disukai bahkan buku-buku yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Kita tidak tahu apa yang akan kita dapat dari sebuah buku.

  • Menulislah sebanyak Anda mampu

Semakin sering menulis, Anda akan semakin mahir. Tentukan sendiri akan apa, dimana, dan seberapa banyak Anda menulis. Atur waktu agar setiap proses menulis dapat berlangsung maksimal.

  • Mengikuti pelatihan menulis

Pelatihan bukan hal yang mutlak dilakukan. Namun bila memiliki waktu luang, alangkah baiknya bila kita sekali waktu mengikuti pelatihan menulis. Saat ini banyak pelatihan berbentuk seminar, workshop, bahkan kelas menulis online.

  • Tingkatkan perbendaharaan kata

Tulisan akan tampak lebih menarik bila Anda memiliki banyak perbendaharaan kata. Jika menemukan kata yang belum diketahui, carilah artinya lalu gunakan kata tersebut dalam tulisan Anda. Perbendaharaan kata bisa diperoleh dengan banyak membaca.

  • Jadilah pengamat/peneliti yang baik

Tulisan berkualitas bermula dari riset yang bagus. Kita akan lebih mudah menulis fiksi maupun non fiksi bila kita memiliki banyak informasi mengenai hal-hal yang berkaitan. Nah, bagaimana menjadi seorang pengamat/peneliti yang efektif?  Gunakan internet.

  • Menulislah untuk orang lain

Biasanya sih, kita suka malas bila menulis untuk diri sendiri. Namun jika menulis orang lain, sulit rasanya jika kita tidak memberikan yang terbaik. Mintalah teman atau keluarga untuk menilai hasil tulisan Anda. Postinglah hasil karya di blog atau jual artikel Anda ke media. Dengan demikian kepercayaan diri Anda akan terbangun.

  • Mintalah orang lain untuk menilai tulisan Anda

Masukan dari orang lain merupakan hal yang berharga untuk meningkatkan kemampuan Anda. Masukan dapat diperoleh darimana saja. Misalnya dari komentar pada postingan di blog, diskusi pada milis penulis, saran dari sesama penulis, dan masih banyak lagi.

  • Pelajari cara mengedit tulisan

Mengedit termasuk bagian dari proses menulis. Bisa saja kita merasa sekali menulis, tulisan kita sudah sempurna. Namun alangkah baiknya bila kita membacanya lagi. Pasti selalu ada yang dapat disempurnakan jika Anda membaca ulang tulisan Anda sendiri. Saat ide keluar, biasanya kita langsung mengeluarkan ide dalam tulisan. Nah, saat Anda membaca ulang, rasakan kalimat demi kalimat. Anda akan menemukan kalimat atau kata yang dirasa kurang pas, kalimat yang terlalu panjang, atau bahkan letak titik atau koma yang kurang tepat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s