Apakah Anda Cocok Menjadi Penulis Lepas?

writerJika Anda suka menulis, bekerja menjadi seorang penulis lepas tampaknya sangat menyenangkan. Mungkin saja begitu. Namun alangkah baiknya bila Anda benar-benar mengenali diri Anda sendiri sebelum waktu, energi, dan uang Anda banyak terbuang untuk memulai karir sebagai penulis lepas.

Tanyakan enam pertanyaan berikut ini kepada diri Anda.

 

1.Dapatkah Anda bekerja multifungsi?

Multifungsi adalah mengatur pekerjaan yang berbeda dalam rutinitas Anda. Seorang penulis lepas full time akan selalu mencari proyek baru dan mengerjakan proyek yang sedang berjalan dalam waktu bersamaan. Artinya mereka harus mengatur berbagai pekerjaan setiap harinya. Jika mereka menghabiskan seluruh waktu untuk mengerjakan suatu proyek, maka suatu saat proyek akan berakhir sehingga tidak memiliki pekerjaan lagi. Mereka harus menyeimbangan waktu sehingga proyek bisa berjalan tepat waktu sekaligus mendapatkan proyek baru untuk kelangsungan pekerjaannya.

2. Apakah Anda senang menghabiskan waktu sendirian?

Banyak orang berkata mereka ingin menulis buku. Namun ketika kesempatan itu datang, sedikit sekali diantara mereka yang berniat untuk duduk di depan komputer dan menghabiskan beberapa jam untuk menulis. Mereka merasa terlalu kesepian.

Jika ingin memiliki pendapatan sebagai penulis lepas, Anda sebaiknya membiasakan untuk menghabiskan beberapa jam sendirian di depan komputer. Anda tidak harus menulis buku. Kerjakanlah proyek yang kecil dahulu. Misalnya menulis artikel untuk majalah, menjadi blogger profesional, menulis cerita pendek dan cerita bergambar untuk anak. Jadwalkan juga beberapa jam untuk berkumpul bersama teman dan keluarga agar Anda tidak merasa terasing.

3.Bagaimana Anda Mengatasi Deadline?

Jika Anda kesulitan menghadapi deadline, kemungkinan pekerjaan ini tidak cocok untuk Anda. Biasanya editor mengoreksi dan mengembalikan naskah kepada penulis dengan berbagai revisi. Seringkali editor menginginkan naskah segera kembali ke tangan mereka. Sebagai penulis, Anda harus terbiasa dengan ritme kerja yang cepat. Anda juga sebaiknya terbiasa mengerjakan beberapa proyek bersamaan, dengan berbagai deadline tentunya.

 

4. Bagaimana Cara Pandang Anda terhadap Hasil Kerja?

Banyak penulis membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan cerita atau naskahnya. Penulis profesional akan belajar untuk bekerja sama dengan editor untuk meramu cerita mereka menjadi naskah bernilai jual tinggi. Jika Anda tidak suka orang lain mengubah naskah Anda, maka pekerjaan ini tidak sesuai dengan Anda. Sebab Anda mungkin akan menggerutu jika harus merubah ini itu dalam artikel atau cerita.

5. Apakah Anda Pantang Menyerah?

Menjadi seorang penulis lepas berarti menjalankan bisnis. Artinya sebagai penulis Anda berusaha menyediakan produk atau jasa yang diperlukan editor atau penerbit. Kadang hasil kerja Anda dapat memenuhi selera pasar. Namun ada kalanya hasil kerja Anda belum memenuhi karakter penerbit tertentu. Seorang penulis lepas terbiasa dengan mengerjakan berbagai naskah sesuai dengan permintaan pasar. Penulis lepas juga terbiasa dengan kemungkinan bahwa naskah mereka ditolak beberapa kali sebelum naskah tersebut diterbitkan.

 

6. Apakah Anda Merasa Risih Jika Berbicara Tentang Uang?

Seperti telah disebutkan di atas, menjadi penulis lepas berarti menjalankan bisnis. Layaknya sebuah bisnis, Anda mengharapkan pembayaran atas produk atau jasa yang telah dikerjakan. Masih banyak penulis yang merasa bahwa pekerjaan menulis itu adalah profesi yang mulia sehingga tidak pantas bila harus dibayar seperti sebuah jasa. Jika memiliki pandangan tersebut, Anda akan dimanfaatkan oleh pihak lain. Jadi cari tahu harga pasar dan tentukan harga produk Anda sesuai dengan kualitas, tingkat kesulitan, dan waktu yang Anda gunakan.

11 thoughts on “Apakah Anda Cocok Menjadi Penulis Lepas?

  1. Salam kenal,

    Artikel yang sangatbermanfaat,

    Jika ingin memulai menjadi penulis lepas kira2 apa yang pertama kali dilakukan ? Apakah menghubungi pihak media cetak untuk menawarkan jasa yang kita tawarkan ? Atau mengirimkan langsung karya tulis kita dengan harapan dapat dimuat dan kedepannya dapat berlanjut.

    Terimakasih

    Salam

    • Terimakasih,
      Untuk memulai, akan lebih efektif jika kita menggunakan kedua cara. Jika kita sudah pernah menulis sebelumnya, maka portfolio adalah modal utama. Kirim portfolio ke penerbit, majalah, surat kabar dsb sesuai karakter tulisan. Internet memudahkan kita dalam hal tersebut. Selain itu, kita juga harus aktif mengirimkan karya tulis. Satu hal pasti, keep fighting!

      Jika Anda seorang penulis buku, cobalah untuk mengontak editor di penerbit. Menurut pengalaman saya, penerbit buku tidak selalu mengiklankan kebutuhan naskahnya. Jadi akan sangat menguntungkan bila kita membangun relasi dengan editor-editor di penerbit. Satu hal lagi, Anda dapat bergabung di milis atau forum penulis. Banyak hal bisa Anda dapatkan disana. Semoga membantu dan sukses untuk Anda 🙂

      • Banyak Mas Taufik, tinggal googling aja. Misalnya milis penulis lepas, forum lingkar pena yang punya komunitas per daerah. Ada juga milis bahtera, yang ini milis penerjemah sebetulnya tapi bagus untuk nambah wawasan tentang padanan kata. Contoh klo pas dapat bahan tulisan dari sumber asing. Ruang freelance (link ada di blog) juga suka kasih tips-tips menarik.

        Untuk forum atau milis luar lebih banyak lagi. Mereka punya tips sekaligus informasi lowongan freelance. Beberapa contohnya ada di link di blog ini. Kalau Mas Taufik punya twitter, writer luar sering kasih tips bagus. Bisa di-search dengan keyword writer. Atau coba follow AnneWayman, WriteSuccess, AnnCurry, WritersRelief, inkyelbows, JaneFriedman. Untuk blogger/penulis kita banyak juga di twitter.

        Semoga membantu dan tambah semangat, ya ☺

    • Terima kasih kembali🙂

      Sekarang ini banyak penerbit mengumumkan kebutuhan naskah via medsos. Jika naskah Anda lolos seleksi, Anda akan dihubungi editor penanggung jawab genre naskah tersebut untuk berdiskusi lebih lanjut.

      Silakan cek page penerbit-penerbit di FB dan Twitter. Semoga berhasil!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s