Cara Mudah Merangkum Artikel

Bagi Anda yang hobi membaca, tidak lengkap rasanya bila waktu luang tidak dimanfaatkan untuk membaca artikel atau berita, baik yang serius maupun sekadar hiburan. Teknologi internet dewasa ini memudahkan kita untuk membaca dimana saja dan kapan saja. Namun bagaimana bila kita hanya memiliki waktu sedikit untuk membaca namun tidak ingin ketinggalan informasi?

Gampang. Sebuah website akan membantu Anda merangkumkan isi berita atau artikel yang Anda kehendaki.  Bukalah www.tlidr.it, yaitu sebuah layanan online yang dapat merangkum artikel panjang hanya dengan mengambil poin-poin pentingnya saja.

Untuk menggunakannya, Anda cukup memasukkan URL website, halaman, PDF atau bahkan RSS feed. Saya mencoba merangkum artikel dari BBC news mengenai latihan yang dapat meningkatkan ingatan http://www.bbc.co.uk/news/health-12325285. www.tlidr.it merangkumnya dari 495 kata menjadi hanya 23 kata.

Walking for 40 minutes a few times a week is enough to preserve memory and keep ageing brains on top form, research shows.



Jika dirasa terlalu pendek, www.tlidr.it memberikan opsi rangkuman, yaitu singkat, sedang, dan panjang. Anda cukup mengarahkan kursor dan klik pada tab pilihan. Selamat mencoba.

About these ads

4 comments

    1. Waalaikumsalam,

      Untuk permulaan, kamu boleh membiasakan diri menulis artikel di blog. Tulislah apa saja yang menarik minatmu dan kamu kuasai. Itu yang paling mudah.
      Kalau sudah percaya diri, coba kamu kirim artikel ke koran atau majalah lokal, baik lewat pos maupun email. Mengenai topik, bisa sesuatu yang sedang trend atau apa saja sesuai pangsa pasar media yang kamu tuju.

      Kamu juga bisa bergabung dengan mailing list penulis yang ada di kota/negaramu. Biasanya mereka sering mem-posting lowongan untuk penulis. Selain itu, kamu bisa aktif mencari melalui google. Misalnya dengan kata kunci: penulis lepas, freelance writer, ghostwriter, content article dan masih banyak lagi lainnya.

      Selamat mencoba!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s